Beranda » Belajar Agama Islam » Apa Sih Keistimewaan Bulan Syawal ? Yuk Disimak

Apa Sih Keistimewaan Bulan Syawal ? Yuk Disimak

T Diposting oleh pada 16 July 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1069 kali

Apa yaa keistimewaan dibulan syawal, setelah romadhan pergi.

Yuk Disimak penjelasannyaa
Bulan Syawal merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan hijriah atau kalender Islam. Jika sebulan penuh kita telah berpuasa, maka bulan Syawal adalah bulan kemenangan bagi umat Islam. Bukan hanya istimewa untuk mudik alias waktu yang biasanya digunakan untuk berkumpul bersama sanak saudara, tetapi indahnya bulan Syawal masih ada yang perlu diketahui. Berikut keistimewaan bulan Syawal :

Kembali ke Fitrah

Di bulan Syawal umat Islam akan kembali kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya setelah sebulan penuh melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Bulan Syawal menjadi lambang kemenangan bagi umat Islam atas peperangan melawan musuh terbesar yang selalu ada di dalam diri, yaitu hawa nafsu.

Bulan Takbir

Menjelang 1 Syawal, seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia mengumandangkan takbir. Maka dari itu, tidak salah jika Bulan Syawal menjadi bulan yang penuh dengan takbir, karena seluruh umat Islam diberbagai belahan dunia mengumandangkan takbir demi menyambut datangnya Syawal, atau lebih dikenal dengan Idul Fitri.

 

Bulan Silaturahmi

Dibandingkan bulan-bulan lainnya, pada bulan Syawal umat Islam meningkatkan silaturahmi. Seperti mudik ke kampung halaman untuk dapat saling bermaaf-maafan dengan keluarga, sanak saudara, atau teman, halal bihalal, telefon, atau dengan kirim sms lebaran.

keistimewaan bulan syawal

Bulan Ceria

Kita bisa melihat fenomena yang ada disekeliling, biasanya semua orang akan identik dengan hal-hal yang baru pada bulan Syawal. Seperti baju baru, sandal baru, sepatu baru, dsb. Mereka bersuka cita pada bulan Syawal, bersalaman, berpelukan, tertawa, menangis bahagia, mengucap syukur kepada yang Agung untuk meminta maaf ataupun saling memaafkan beserta kebersamaan. Begitu banyak doa yang terlantun di udara, serta begitu banyak cinta kasih yang diberikan antar umat manusia.

Bagaikan berpuasa setahun penuh

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di Bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh”. (HR Muslim)

Bulan yang baik untuk menikah

Rasulullah SAW menunjukkan sendiri bahwa bulan Syawal adalah bulan yang baik untuk menikah. Siti Aisyah menegasakan, “Rasulullah SAW menikahi saya pada bulan Syawal, berkumpul (membina rumah tangga) dengan saya pada bulan Syawal, maka siapakah dari istri Beliau yang lebih beruntung daripada saya?”.

Bulan peningkatan

Secara harfiah Syawal adalah “Peningkatan”. Yaitu peningkatan ibadah setelah bulan Ramadhan. Karena umat Islam justru diharapkan mampu untuk meningkatkan amal kebaikannya pada bulan ini.

Belum ada Komentar untuk Apa Sih Keistimewaan Bulan Syawal ? Yuk Disimak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa Sih Keistimewaan Bulan Syawal ? Yuk Disimak

Berpuasalah Karna Iman dan Mengharap Pahala

T 20 June 2016 F A admin web-1

Bissmillahi Rahmanir Rohim… Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh… Kali ini saya akan membahas tentang Puasa karna iman dan mengharap pahala dari Allah Subhanahu Wata’ala. Jika seseorang menjalankan puasa dengan benar, yaitu yang didasari iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang... Selengkapnya

Bersama Anak Yatim Mari Menuju Surga

T 22 December 2015 F A admin web-1

Di pagi hari yang cerah, Rasulullah Saw. bersama istrinya (Aisyah r.a.) hendak melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan. Di jalan, mereka melihat seorang bocah murung di tengah kerumunan anak-anak yang ceria merayakan datangnya Idul Fitri. Bocah murung tersebut terlihat termenung... Selengkapnya

fungsi al qur'an

Memetik Hikmah Dari Peristiwa Nuzulul Qur’an

T 7 July 2015 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Peristiwa Nuzulul Qur’an 14 abad silam merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW yang paling agung dibanding mukjizat lain yang diterima para nabi sebelumnya. Peristiwa ini turun pada Malam lailatul Qodar , tanggal 17 Ramadhan. Saat itu Al qur’an diturunkan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00