Beranda » Info Kesehatan » Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

T Diposting oleh pada 10 November 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 867 kali

Cuaca panas seringkali membuat seseorang merasa gerah dan tidak nyaman, khususnya bagi anda yang tinggal di area perkotaan. Udara panas bukan hanya terjadi di siang hari, namun terjadi pula di malam hari. Dengan fakta tersebut, maka tidak heran jika banyak orang yang memakai kipas angin di malam hari menjelang tidur.
Kipas angin berfungsi untuk memberi rasa sejuk sehingga penggunanya merasa nyaman saat hendak tidur. Namun ternyata terdapat beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh kipas angin. Hal ini tentu saja belum diketahui banyak orang.

• Pasokan Oksigen Berkurang
Penggunaan kipas angin yang terus menerus diarahkan pada wajah dapat menyebabkan kurangnya pasokan oksigen ke paru-paru. Hal tersebut dikarenakan angin yang keluar tidak selalu oksigen, namun bisa pula berupa karbon dioksida. Dengan demikian tubuh akan kekurangan oksigen sehingga sangat buruk bagi pernafasan. Jika kipas angin terlalu dekat dengan wajah, oksigen yang dihembuskan juga akan berkutat pada area tersebut sehingga sirkulasi di sekitar wajah berlajan kurang lancar.

• Tubuh Kekurangan Air
Berdekatan dengan kipas angin dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan tubuh kita kekurangan air. Hal tersebut bukan hanya omong kosong belaka, karena diungkapkan langsung oleh dokter ternama yaitu Dr. Wendra Ali.
kipas-angin
• Kulit Kering
Kulit kering tidak hanya diakibatkan oleh sengatan sinar matahari, namun dapat pula terjadi akibat suhu udara yang terlalu dingin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi udara yang terlalu dingin dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan, maka hal tersebut otomatis berpengaruh buruk pada kulit. Sejatinya, kulit membutuhkan cairan yang cukup supaya tetap sehat, sehingga seseorang harus menghindari udara dingin yang diakibatkan oleh kipas angin.

• Otot Kaku dan Nyeri
Pemakaiaan kipas angin yang terlalu lama akan menurunkan produksi cairan lubrikasi. Cairan tersebut sangat berperan penting dalam menguatkan otot dan persendian. Maka tidak heran jika orang yang terlalu sering memakai kipas angin akan merasa otot kaku dan nyeri.

• Sesak Nafas
Di poin awal, telah dijelaskan bahwa penggunaan kipas angin yang berlebihan bisa mengurangi pasokan oksigen pada paru-paru. Degan demikian, hal tersebut otomatis akan berdampak langsung pada pernafasan, sehingga bsia menimbulkan sesak nafas.

• Suhu Tubuh Menurun
Keseimbangan suhu tubuh sangatlah penting supaya dapat menjaga aktivitas sel imun. Suhu tubuh dapat mencapai keseimbangan jika tubuh kita mampu mengeluarkan keringat. Namun jika sering memakai kipas angin dalam jangka lama, tubuh akan sulit mengeluarkan keringat karena pori-pori mengecil dan kulit kering. Dengan demikian suhu tubuh akan menurun drastis.
• Terkena Penyakit Bell Palsy
Penyakit Belly Palsy adalah kondisi kelumpuhan pada wajah, yang mengakibatkan sulit senyum dan tertawa.Penyakit ini muncul akibat wajah yang sering terkena udara dingin, salah satunya yang diakibatkan oleh pemakaiaan kipas angin.

 

Semoga Bermanfaat

Belum ada Komentar untuk Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

Akibat Bila Anda ‘Malas’ Minum Air Putih

T 21 July 2013 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Air Putih merupakan cara hidup sehat yang  paling murah namun efeknya sangat dahsyat. Tidak sedikit orang yang malas minum air putih terutama di ruangan atau daerah dingin karena merasa tidak haus. Sebaiknya jangan turuti perasaan malas minum air putih karena... Selengkapnya

Perubahan Warna Kuku Kaki, Menandakan Sesuatu Loh.!

T 12 November 2018 F A admin web-1

Berhati -hatilah jika ada perubahan warna pada kuku kaki anda Kalau memang warna kuku kaki bisa memberikan tanda pada kesehatan tertentu, berikut ini adalah Sebagian warna kuku yang harus kalian waspadai.

Kesehatan Secara Fisik Dan Mental

T 29 November 2015 F A admin web-1

Pengertian kesehatan adalah sejahteranya seseorang dari segi badan atau fisik, mental, dan sosial sehingga ia dapat hidup dengan sejahtera baik di lingkungan sosial maupun secara ekonomis. Secara umum yang dinamakan orang sehat, bukan hanya dari fisiknya saja tetapi juga harus... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00