Beranda » Belajar Agama Islam » Ini Dia Rahasia Di Balik Sholat Tahajud

Ini Dia Rahasia Di Balik Sholat Tahajud

T Diposting oleh pada 28 February 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1136 kali

Inilah beberapa keajaiban dari shalat tahajjud, misteri dan rahasia di balik shalat tahajjud dan manfaat yang terkandung dari shalat tahajjud.
Assalamualaikum.Wr.Wb…
Saudaraku….
Shalat Tahajjud menyimpan keagungan dan kemuliaan yang luar biasa. Kedudukannya memang ibadah sunnah, namun Rasullullah tak sekilupun meninggalkannya dalam seumur hidupnya. Tidak banyak orang yang melakukannya dengan istiqomah, namun andaikan seluruh manusia di dunia ini tahu serta merasakannya keindahannya, tentu akan tergila-gila mengerjakannya.
Barang siapa yang mendirikan shalat tahjjud disamping shalat wajib berarti ia telah menaati perintah Allah dan Rasul nya. Firman Allah swt:
“ dan pada sebagian malam hari, shalat tahajudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu, mudahan Rabbmu mengangkatmu ke tempat terpuji”. QS. Al isra’ 79


Khalid Abu syadi berkata melalui kalimat yang indah, “Para Mujahidin menghunus belati ketakutan dan menggunakannya untuk menyembelih domba kemalasan. Dengan serta merta rasa kantuk terkejut dan terbang jauh. Terngianglah di telinga mereka suara kebenaran, “Adakah orang yang terpanggil?” Mereka memenuhi panggilan dan hidung mereka mencium keharuman surga yang dibawa oleh angin di penghujung malam. Rasa rindu makin menggejolak, tekatpun bertambah kuat, kaki berdiri kokoh dengan tegaknya, dan air mata bercucuran sampai akhir masa kunjungan. Dan tibalah saat perpisahan. Seruan untuk berangkat telah dikumandangkan menggugah keasyikan. Terbit fajar.”
Baiklah saudaraku, lansung saja saya paparkan beberapa keajaiban shalat tahajjud:

  • Membuka gerbang langit di malam hari

Tidak banyak orang yang mampumembuka gerbang langit dan mengetuk pintu pintu kemuliaan Allah di malam hari. Jika engkau bangun malam, dengan hati jernih, jiwa raga suci dari hadas, lalu merapat ke pintu-Nya, maka dirimu termasuk sebagian dari yang sedikit. Dan yang sedikit itulah yang beruntung. Yang sedikit itulah yang di depan untuk memimpin yang lain.
Khalid abu syadi menyamakan orang yang bangun malam dengan seorang Mujahidin (pejuang di jalan Allah). Ini masuk akal, karena tidak banyak orang yang mampu mengalahkan hawa nafsunya dan membumuh rasa kantuknya di pusar malam.

  • Selama hidup Rasulullah tidak pernah melewatkan shalat tahajud

Qiyamul lail adalah shalat malam. Di antara sekian banyak shalat malam, sesungguhnya yang pling utama adalah shalat tahajud. Dikatakan bahwa shalat tahajud itu kedudukan setelah shalat wajib yanag lima waktu.

Dalam sebuah riwayat diterangkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “shalat yang paling utama sesudah shalat fardu adalah qiyamullail”

Dahulu, apabila Rasulullah saw meninggalkan wirid qiyamul lailnya, beliau mengqadhanya di siang hari dengan shalat sebanyak dua belas rakaat.

Dahulu, Rasulullah saw. Selalu membangunkan keluarganya agar mereka ikut ambil bagian meraih saat yang baik itu. Beliau mendatangi anak anak perempuannya, fatimah, dan suaminya, ali ra. Seray mengetuk pintu rumah mereka di malam hari. Beliau merasa heran karena keduanya terlihat lebih memilih tidur dari pada shalat tahajud. Rasulullah saw menegur mereka, “Tidakkah kalian kerjakan shalat?”

  • Misteri besar yang jarang diketahui orang

Engkau hanya sebatas mendengar bahwa shalat tahajud memiliki keutamaan yang luar biasa. Namun jarang di antara kalian tergerak untuk melaksanakannya.
Dirimu tidak dipaksa untuk yakin bahwa di balik shalat tahajud itu menyimpan misteri yang sangat besar, sangat luar biasa sebelum membuktikannya sendiri. Namun jika engkau telah melakukannya dengan bersungguh sungguh dan istikomah, maka perubahan dalam jiwa, diri dan kehidupanmu akan dapat kau rasakan.

Pikirkanlah, seandainya tidak menyimpan misteri besar mengapa Rasulullah saw rajin melakukannya? Mengapa nabi Dawud as gemar mendirikannya? Mengapa para shalaf dan para salihinpun istikomah dengan tahajud?

Dikatakan bahwa dengan shalat tahajud seorang akan mendapatkan kemuliaan dari Allah, semua rahmat yang tidak mudah didapat oleh kebanyakan manusia di dunia. Kemuliaan itu meliputi surga yang tidak hanya di jumpai di akhirat tetapi lansung dirasakan di dunia. Jika mati, menjadi khusnul khotimah, serta hajat yang baik tentu dikaabulkan oleh Allah swt.
Jika engkau belum pernah merasakan lezatnya berdiri di malam hari dengan tahajud, cobalah untuk melakukannya, pasti dirimu akan merasa rindukepada Allah yang maha penyayang.
Bayangkan, di saat sepi, knsentrasimu hanya tertuju kepada Allah. Engkau bisa berbicara tanpa ada gangguan dari luar. Diterangkan dari Jabir ra bahwa Rasulullah saw bersabda “sesungguhnya pada malam hari itu benar2 ada saat yang mustajab untuk memohon kepada Allah sebuah kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya dan itu setiap malam”. HR. Ahmad dan Muslim.

  • Sarana komunikasi secara langsung

Qiyamul lail, dalam hal ini shalat tahajud, merupakan komunikasi langsung dengan Allah swt. Ketika malam sedang sepi, seorang muslim yang shalih berdiri tegak menghadap Allah. Ia bermunajat, beristigfar dan melakukan pujian pujian di dalam shalatnya. Jiwa rohnya menyambung dengan Dzat Allah Yang Maha Ghaib.
Banyak orang yang berdoa tetapi doanya tidak mustajab. Hal itu karena kurangnya konsentrasi kepada Allah yang dimintai doa. Banyak orang yang ingin mendapatkan kemuliaan, tetapi hatinya tetap merasa ‘jauh’ dari Allah. Hal itu karena kurangnya konsentrasi dalam mlkukan komunikasi dengan Tuhannya. Oleh karena itulah shalat tahajud merupakan amalan yang sangat tepat untuk ‘menyambung’ komunikasi antara hamba dengan Tuhannya.

  • Meraih cintaNya di kesunyian

Bila dirimu telah beristiqamah menghidupkan malammu dan berqiyam dan telah melakukan pertaubatan nasuhah, maka semakin lama energi tahajud semakin kau rasakan dalam jiwamu. Fikiranmu menjadi cerah dan jiwamu menjadi tenang.
Setiap malam engkau ‘berkencan’ dengan ‘kekasihmu’ yang maha kasih dan sayang. Percayalah, engkau akan mendapatkan cintaNya setiap dirimu berdiri, rukuk, sujud, dan duduk di keheningan malam. Bila limpahan kasihNya telah menjalar ke seluruh rohmu, maka tunggulah, tidak lama lagi kehidupanmu menjadi sejahtera dan bahagia.

“lihatlah hambaKu ini. Bagaimana dia tega mengorbankan dirinya demi Aku. Kedua, orang yang mempunyai istri cantik dengan tempat tidur yang empuk dan nyaman, namun dia bangun di malam hari dan mengerjakan qiamul lail. Allah berfirman “dia meninnggalkan syahwatnya dan berdzikir menyebut namaKu, seandainya diamenghendaki bisa saja dia terlelap tidur.” Ketiga orang yang berada alam perjalanan bersama dengan iringan kafilahnya, mereka tidur larut malam dan bangun pagi hari, sedangkan dia selalu bangun di waktu sahur untuk mengerjakan qiamul lailnya. Dia menetapinya baik dalam keadaan suka maupun duka.” HR. Imam ath-Thabarani.

Inilah sebuah raasia besar yang jarang disadari. Atau sudah diketahui tetapi mereka tidak mampu merasakannya. Mengapa? Karena tidak tergerak untuk mengerjakan tahajud. Atau mengerjakan tahajud tetapi tidak istiqamahdan kurang rasa keikhlasannya.

  • Dijamin masuk syurga

Yakinlah bahwa tahajud bisa mempermudah dirimu untuk masuk syurga. Barang siapa yang menghidupkan malam dengan shalat sunnah, ia mendapat limpahan rahmat dari Allah swt dan mendapat syurga. Rasulullah telah menjanjikan demikian.

Mendapat rahmat yang berlimpah limpah
Ketahuilah, orang orang yang secara istiqamah mengerjakan shalat tahajud dengan hati ikhlas dan rasa tenang, niscaya ia akan mendapatkan rahmat Allah swt. Jika rahmat telah mengalir dalam kehidupannya, ia akan jadi orang yang beruntung, baik di dunia maupun di akhirat.

Sekian dulu mengenai keajaiban shalat tahajjud, semoga bermanfaat bagi saya dan bagi kita semua. amiiien

 

Sumber : faizahfaterna

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Ini Dia Rahasia Di Balik Sholat Tahajud

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Ini Dia Rahasia Di Balik Sholat Tahajud

doa hujan

Berkah Hujan dan Tips Mencegah Penyakit saat Hujan

T 11 November 2016 F , A admin web-1

Tidak ada setetes air hujan yang membasahi bumi ini kecuali atas kehendak Allah. Ia merupakan rahmat Allah kepada bumi dan seisinya. Melalui hujan Allah menumbuhkan berbagai tanaman untuk memberi rezeki kepada umat manusia. Dalam al-Qur`an Allah berfirman: وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ... Selengkapnya

Keutamaan Puasa Asyura

T 18 September 2018 F A admin web-1

Puasa dibulan muharram,khususnya pada hari ‘Asyura (10 muharram)

Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

T 6 October 2014 F , , A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Qurban secara etimologi / tata bahasa bermakna “dekat”. Maka berqurban bermakna mendekatkan diri kepada Allah dengan cara yang telah diajarkan para nabi yakni memotong hewan Qurban. Ada pun hewan qurban yang disyariatkan untuk dipotong a.l : kambing/domba/gibas, sapi, dan unta.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00