Beranda » Kisah Inspiratif » Introspeksi Diri Dalam Merubah Perilaku Menjadi Lebih Baik

Introspeksi Diri Dalam Merubah Perilaku Menjadi Lebih Baik

T Diposting oleh pada 29 January 2015
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1666 kali

Introspeksi Diri adalah melihat ke dalam diri kita apa saja yang telah kita lakukan, atau lebih mudahnya adalah kegiatan untuk mengevaluasi diri dengan cara bercermin atas apa yang telah kita jalani. 

“Kenapa ya sekarang aku jadi kaya gini? Kenapa ya sekarang aku jadi tambah malas? Kenapa ya pikiranku ga gokus ? Kenapa ? Kenapa?”

Biasanya ini baik dilakukan saat kita merasa ada yang salah dari diri kita dan tidak semestinya. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, sehingga introspeksi sangat penting ! Introspeksi biasanya membutuhkan waktu untuk berfikir jernih dan harus bersedia mendengarkan masukan dan nasihat-nasihat dari orang lain, terutama orang yang lebih tua atau orang yang bisa kita percaya untuk memperbaiki kesalahan kita. Untuk introspeksi diri biasanya kita perlu menyendiri untuk berkaca ke dalam hati kita sendiri.

Yang bisa menilai diri kita adalah orang lain, kalau kita sendiri tentu saja menganggap diri kita selalu benar. Padahal belum tentu apa yang dimata kita benar, benar juga dimata orang lain. Untuk meminta masukan dan nasihat mungkin kita akan lebih nyaman dengan orang-orang terdekat kita yang memang benar-benar mengenal kita dan tidak akan menjerumuskan kita, seperti orang tua atau orang yang kita tuakan, sahabat, pokoknya orang yang mengerti tentang kita.

Introspeksi ini dilakukan agar kita dapat memperbaiki diri kita agar dapat terus berkembang dan tidak melakukan kesalahan yang sama terus menerus. Tidak lupa juga sambil banyak berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan, agar hati kita bisa lebih tenang dan dapat berintrospeksi dengan maksimal.

Diharapkan setelah introspeksi diri ini kita bisa menjadi pribadi baru yang lebih baik lagi dan tidak jatuh di lubang yang sama pula. Agar kita tau apa yang perlu kita benahi dan apa yang perlu kita kembangkan lagi dalam diri kita.

Maka .. ayo kita introspeksi diri kita masing-masing di malam Jum’at barokah ini, panjatkan doa-doa dari dalam hati kita .. insyallah ijabah dari Allah membuat kita menjadi lebih baik pada hari-hari yang kita jalani.

 

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Introspeksi Diri Dalam Merubah Perilaku Menjadi Lebih Baik

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Introspeksi Diri Dalam Merubah Perilaku Menjadi Lebih Baik

Jangan Pernah Meremehkan Orang Lain

T 22 December 2015 F A admin web-1

Pada suatu hari, seorang anak masuk ke dalam rumah makan yang sangat terkenal dan mahal. Dia masuk seorang diri dan memakai pakaian biasa saja, tidak seperti anak-anak lain yang memakai pakaian yang bagus. Anak itu duduk di salah satu kursi... Selengkapnya

Si Kaya dan Si Pengemis

T 19 December 2015 F A admin web-1

Kisah Mengharukan,pengemis dan suami Pada suatu hari sepasang suami isteri sedang makan bersama di rumahnya. Tiba-tiba pintu rumahnya diketuk seorang pengemis. Melihat keadaan pengemis itu, si isteri merasa terharu dan dia bermaksud hendak memberikan sesuatu.

Peristiwa Nuzulul Qur’an Pada Bulan Romadhon

T 15 July 2014 F , , A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Nuzulul Qur’an secara etimologis terdapat dua kata yaitu kata  Nuzul dan Al-Qur’an. Pada dasarnya Nuzul itu mempunyai arti turunnya suatu benda daritempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan Al-Qur’an yaitu firman Allah yang telah diturunkan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Secara... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00