Beranda » Belajar Agama Islam » Keajaiban Memberi Untuk Kebaikan Sesama

Keajaiban Memberi Untuk Kebaikan Sesama

T Diposting oleh pada 2 October 2015
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1401 kali

Ketika kita memberi sesuatu kepada orang lain, maka secara pisik apa yang kita miliki akan berkurang dan menjadi bertambah pada orang lain. Namun manakala kita niatkan untuk berShodaqoh maka nilai yang kita dapatkan akan menjadi berlipat-lipat.

Ada sebuah pertanyaan, kapan waktu yang tepat kita ber-Shodaqoh. Dalam hal ini Allah menjelaskan dalam QS 65:7, “Berinfaklah pada setiap kesempatan (yang Alllah berikan) …”. Jadi setiap saat adalah waktu yang tepat di mana kita bisa berShodaqoh, dan tentunya berkali lipat yang bisa kita dapatkan.

Dalam sebuah hadits telah pula diterangkan,” Tidak akan berkurang harta yang disodakohkan … kecuali ia bertambah … bertambah … bertambah”. Jadi ketika kita bersohdakoh bukannya berkurang yang kita miliki tapi akan terus bertambah nilai dan keuntungan yang kita dapatkan.

 

Matematika Shodaqoh

Kita akan mendapatkan 2 kali lipat dari apa yang kita Shodaqohkan. Dalam hal ini Allah menjelaskan dalam QS 2:265 , “Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat

Kita akan mendapatkan 10 kali lipat dari apa yang kita Shodaqohkan. Dalam hal ini Allah menjelaskan dalam QS 6:160, “Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” 

Bukan hanya 2 kali lipat atau 10 kali lipat, bahkan 700 kali lipat Allah akan berikan dari apa yang kita Shodaqohkan, jika apa yang kita Shodaqohkan akan sangat bermanfaat dan memberikan nilai lebih pada orang lain, Hal ini tertuang dalam QS 2:261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Dalam sebuah hadits dikatakan, “Dan Allah senantiasa memberi pertolongan kepada hamba-Nya selama ia menolong saudaranya” (HR Muslim). Buat kita nilai-nilai itu urusan Allah, karena yang terpenting adalah tumbuhnya kesadaran untuk saling berbagi dan saling tolong, otomatis pertolongan Allah akan hadir pada setiap kehidupan kita.

shodaqoh

The Power of Shodaqoh

Pastinya apa pun yang kita shodaqohkan adalah nilai sesuatu yang bernilai yang bisa kita dapatkan; bisa menjadi INVESTASI SHODAQOH untuk kehidupan kita kelak di alam akhirat nanti. Kemudian kadang kita bertanya pada Allah, kita sudah berShodaqoh tetapi ko belum kelihatan adanya pertambahan nilai dalam kehidupan kita. Untuk hal ini Allah mengajarkan kita bahwa apa yang kita Shodaqohkan tidak sellau dibayar dengan uang, tapi kadang bisa berupa

  • Sehat / terhindar dari penyakit
  • Umur
  • Terhindar dari bala bencana
  • Kesempatan hidup lebih baik
  • Anak yang sehat
  • Keluarga yang sehat
  • Karir yang baik
  • Status sosial yang baik
  • dll

Tiadalah yang sia-sia dari apa yang kita berikan, karena nya setiap yang kita berikan selalu ada nilai tambah yang Allah berikan pada kita, sebagaimana Allah mengajarkan kepada kita dalam QS 2:272 ,”… Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan).

Semakin banyak ber-shodaqoh, semakin banyak kita memberi, semakin banyak kita mengeluarkan, maka akan semakin banyak kita mendapatkan … Inilah yang dimaksud dengan Keajaiban Memberi

(Inspirasi dari Buku Miracle of Giving karya Ust. Yusuf Mansur)

Belum ada Komentar untuk Keajaiban Memberi Untuk Kebaikan Sesama

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keajaiban Memberi Untuk Kebaikan Sesama

Bersama Anak Yatim Mari Menuju Surga

T 22 December 2015 F A admin web-1

Di pagi hari yang cerah, Rasulullah Saw. bersama istrinya (Aisyah r.a.) hendak melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan. Di jalan, mereka melihat seorang bocah murung di tengah kerumunan anak-anak yang ceria merayakan datangnya Idul Fitri. Bocah murung tersebut terlihat termenung... Selengkapnya

Makna dan Arti Ikhlas yang sebenarnya

T 10 July 2018 F A admin web-1

Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : إِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَ أَمْوَالِكُمْ وَ لَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alihi... Selengkapnya

maulid nabi

Asal Mula Adanya Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

T 24 January 2017 F A admin web-1

Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada mulanya diperingati untuk membangkitkan semangat umat Islam. Sebab waktu itu umat Islam sedang berjuang keras mempertahankan diri dari serangan tentara salib Eropa, yakni dari Prancis, Jerman, dan Inggris.

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00