Beranda » Belajar Agama Islam » KELELUASAAN BERSEDEKAH

KELELUASAAN BERSEDEKAH

T Diposting oleh pada 28 June 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 499 kali

Assalamu’alaikum

KELELUASAAN BERSEDEKAH

Dalam sebuah keterangan yang diriwayatkan dari Abu Musa r.a disebutkan bahwasanya Rosululloh Saw. pernah bersabda, “Setiap muslim harus bersedekah.” Para sahabat bertanya, “Wahai nabi, bagaimana jika dia tidak memiliki sesuatu untuk disedekahkan?” Rosululloh Saw. menjawab, “Hendaklah ia bekerja, kemudian hasilnya untuk diri sendiri dan untuk bersedekah.”

Para sahabat bertanya lagi, “Bagaimana jika ia tidak mampu bekerja?” Rosululloh Saw. menjawab, “Hendaklah ia memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan pertolongan.” Mereka bertanya lagi, “Bagaimana jika itupun tidak bisa ia lakukan?” Rosululloh Saw. menjawab, “Hendaklah ia memerintahkan suatu kebaikan.” Mereka bertanya lagi, “Jika itupun tidak sanggup ia lakukan?” Rosululloh Saw. menjawab, “Hendaklah ia menghindari dari berbuat kejelekan maka demikian itu merupakan sedekah baginya.” (HR. Bukhori dan Musim)

Maa syaa Allah, betapa besar ruang kesempatan bagi seorang muslim untuk bersedekah. Sehingga hampir tidak ada alasan sebenarnya untuk tidak bersedekah. Tidak punya harta bukan jadi alasan bagi seorang muslim untuk tidak bersedekah. Tidak mampu bekerja pun demikian, bukan jadi alasan baginya untuk tidak bersedekah.

Sampai pada batas di mana seorang muslim tidak sanggup melakukan apapun bahkan sekedar menyeru kepada kebaikan sekalipun, maka cukuplah baginya untuk menjauhi sikap-sikap buruk atau sia-sia. Cukuplah baginya untuk menjaga diri agar tidak mengganggu tetangganya, tidak menyakiti hati saudaranya, tidak mencela sesamanya. Karena jika inipun masih tidak bisa, betapa ia termasuk orang yang merugi. Sudah diberikan keleluasaan sedemikian luas untuk bersedekah, masih saja tidak bisa memanfaatkannya.

Karena begitu derasnya syaitan menggoda kita untuk meringankan lisan kita bergunjing, mengungkit kebaikan, menghina kekurangan orang lain, melontarkan kata-kata yang sia-sia yang membuat tersinggung orang lain.

Sahabat, semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang giat bersedekah, meski sedang berada dalam kondisi yang sulit sekalipun. Semoga Allah senantiasa membimbing kita agar senantiasa istiqomah memberi manfaat bagi orang lain.

Sekretariat : 02186905367

#sahabatyatim

Belum ada Komentar untuk KELELUASAAN BERSEDEKAH

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait KELELUASAAN BERSEDEKAH

Bulan Ramadhan Teristimewa Dibanding Bulan Lainnya

T 14 June 2016 F A admin web-1

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan banyak sekali keutamaan yang dijumpai di dalamnya, antara lain: Bulan yang diberkahi oleh Allah.  Dibukakan pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup. setan-setan dibelenggu. Sabda Rasulullah SAW : إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةُ وَ غُلِّقَتْ... Selengkapnya

Berpuasalah Karna Iman dan Mengharap Pahala

T 20 June 2016 F A admin web-1

Bissmillahi Rahmanir Rohim… Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh… Kali ini saya akan membahas tentang Puasa karna iman dan mengharap pahala dari Allah Subhanahu Wata’ala. Jika seseorang menjalankan puasa dengan benar, yaitu yang didasari iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang... Selengkapnya

kisah inspiratif

Kisah Mengharukan Pengorbanan Seorang Ayah Untuk Anak Tercinta

T 24 September 2016 F A admin web-1

Selama ini kita hanya peka dengan pengorbanan seorang ibu untuk anaknya. Padahal tidak hanya seorang ibu yang rela berkorban demi anaknya, tetapi seorang ayah pun juga bisa melakukan hal tersebut layaknya kasih sayang seorang ibu. Seperti  kisah pengorbanan ayah untuk... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00