Beranda » Belajar Agama Islam » Kiat-kiat Melapangkan Rezeki

Kiat-kiat Melapangkan Rezeki

T Diposting oleh pada 27 November 2015
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2520 kali

Misteri rezeki siapa yang tahu? Ada yang rezekinya berlimpah, ada pula yang sempit. Ada yang rezekinya berkah, ada pula yang tidak.

Patut kita perhatikan bahwa Allah menciptakan kekayaan dan kecukupan. Dalam Al Qur’an, kata kekayaan dipasangkan dengan kecukupan, bukan kemiskinan. Allah telah menjaminkan rezeki dari setiap makhluq sampai ajal menjemputnya. Jadi, tak perlu khawatir soal rezeki. Cacing melata pun sudah dijamin dalam Al-Quran akan rezekinya, (Subhanallah).

Tapi bagaimana pun juga, rezeki adalah bagian daripada ujian. Rezeki banyak adalah ujian. Rezeki sempit pun merupakan ujian. Kita tidak tahu mana yang lebih baik untuk kita. Namun, tentunya kita menginginkan rezeki yang luas supaya hidup kita tidak terjerumus ke dalam kefakiran apalagi kekafiran. Karena fakir sangat dekat dengan kafir. Banyak orang murtad karena fakir dan iming-iming harta. Semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang tersesat tersebut.

Semoga kita dilapangkan rezekinya. Rezeki yang berkah dan baik. Rezeki yang menjadi jembatan kita dalam beramal sholih dan mendapatkan ridho-Nya.

 

Nah, inilah beberapa amalan dan tips buat melapangkan rezeki :

  1. Taqwa (Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya)

Allah berfirman, artinya : “… Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangkanya. …” (QS. Ath Thalaaq : 2 – 3)

  1. Istighfar & banyak memohonampun

Rasulullah bersabda : “Barang siapa memperbanyak istighfar maka Allah akan menghapuskan segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka.” (HR Ahmad & Abu Daud)

  1. Bekerja (berdagang) dengan jujur (amanah)

Rasulullah bersabda : “Adapun berbuat amanah (dapat dipercaya / jujur) itu dapat mendatangkan rezeki, sedangkan berbuat khianat / curang dapat mendatangkan fakir / kemiskinan”. (HR. Ad-Dailami)

“Berniagalah, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu ada dalam perniagaan.” (HR. Ahmad)

  1. Bangun pagi & tidak tidur setelah sholat subuh

Rasulullah mendoakan umatnya yang bangun pagi (subuh) :

“Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.” (HR Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Bangun pagi membuat badan lebih bugar dan sehat. Kondisi psikologis juga lebih tenang dan tubuh lebih berenergi.

  1. Rajin mendirikan Sholat Dhuha

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (solat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya.” (HR al-Hakim dan Thabrani)

Sholat Dhuha adalah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu matahari sedang naik, yaitu kira-kira setinggi lebih kurang 7 (tujuh) hasta atau sekitar setinggi satu tombak, antara pukul 08.00 pagi sampai dengan masuk waktu Dzuhur (sekitar pukul 11.00 siang).

Rezeki

  1. Menyambung TaliSilaturahim

Rasulullah bersabda, artinya : ”Barangsiapa yang berkeinginan untuk dibentangkan rezeki baginya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung silaturohim.” (HR. Bukhori Muslim)

  1. Infaq, Shodaqah, hadiah & menolong orang lemah

“Dan barang apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ : 39)

Nabi SAW bersabda kepada Zubair bin al- Awwam: “Hai Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu dibentangkan di Arsy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakkan pemberian kepada orang lain, niscaya Allah membanyakkan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya.” (HR ad-Daruquthni dari Anas r.a.)

  1. Merantau (Hijrah)

Jika rezeki kita sempit di suatu tempat, maka tidak ada salahnya kita berpindah tempat (hijrah/merantau). Merantau akan membuat seseorang lebih mandiri dan lebih punya peluang untuk meraih kesuksesan.

  1. Do’a & Tawakkal

“Berdoalah kamu kepada-Ku, niscaya Kuperkenankan permintaan kamu itu” (Al-Mu’min : 60).

  1. Bersyukur

“..Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Maha Benar Allah atas segala firmannya.. Semoga Bermanfaat 😀

Belum ada Komentar untuk Kiat-kiat Melapangkan Rezeki

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Kiat-kiat Melapangkan Rezeki

Sedekah Yang Paling Besar Pahalanya

Sedekah Yang Paling Besar Pahalanya

T 17 January 2019 F A admin web-1

🌹Sedekah Yang Paling Besar Pahalanya . Abu Hurairah radliallahu’anhu berkata: Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu’alaihiwasallam dan berkata: ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling besar pahalanya?’.” “Beliau menjawab: ‘Kamu bersedekah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir(pelit), takut menjadi fakir... Selengkapnya

Wakaf Tunai Di Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jak-Tim

T 25 March 2016 F , A admin web-1

Pengertian & Hukum Wakaf Tunai Menurut Para Ulama Sejak awal, perbincangan tentang wakaf kerap diarahkan kepada wakaf benda tidak bergerak sepert tanah, bangunan, pohon untuk diambil buahnya dan sumur untuk diambil airnya, sedang wakaf benda yang bergerak baru mengemuka belakangan.... Selengkapnya

Anjuran Menyantuni Anak Yatim Di Hari Asyura

T 30 September 2017 F A admin web-1

Saat ini banyak tersebar keyakinan di masyarakat tentang anjuran menyantuni anak yatim di hari asyura. Apakah benar demikian? Adakah dalil tentang hal ini?

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00