Beranda » Belajar Agama Islam » Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

T Diposting oleh pada 6 October 2014
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1461 kali

Qurban secara etimologi / tata bahasa bermakna “dekat”. Maka berqurban bermakna mendekatkan diri kepada Allah dengan cara yang telah diajarkan para nabi yakni memotong hewan Qurban. Ada pun hewan qurban yang disyariatkan untuk dipotong a.l : kambing/domba/gibas, sapi, dan unta.

Firman Allah SWT dalam surat al-Kautsar , “Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah”. Sholat sebagai wujud aktivitas mencegah kekejian dan kemungkaran bersanding dengan kata berqurban. Berqurban sebagai wujud pengorbanan harta yang kita miliki untuk berjuang dan beribadah di jalan Allah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Hadits Rosulululloh, dari Aisyah r.a. Rosululloh bersabda :” Amal yang paling disukai Allah pada hari penyembelihan adalah mengalirkan darah hewan qurban, sesungguhnya hewan yang diqurbankan akan dtang (dengan kebaikan yang melakukan qurban) di hari kiamat kelak dengan tanduk-tanduknya, bulu dan tulang-tulangnya, sesungguhnya (pahala) dari darah hewan qurban telah datang dari Allah sebelum jatuh ke bumi, maka lakukanlah kebaikan ini” (HR Tirmidzi)

Hadits Ibnu Abbas Rosululloh bersabda : “Tiada sedekah uang yang lebih mulia dari yang dibelanjakan untuk qurban di hari raya Adha” (HR Dar Qutni).

Dari Sahabat Barra bin ‘Azib bahwa nabi bersabda, “Barangsiapa yang menyembelih setelah shlat, maka telah sempurna ibadah qurbannya dan sesuai dengan sunnah kaum muslimin” (HR Bukhari dan Muslim”

Kegiatan Pemotongan dan Pendistribusian Hewan qurban di YRLA

Pemotongan “Hewan Qurban” di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dilaksanakan setelah sholat Iedul Adha. Hewan yang disembelih berupa sapi dan kambing. Ada pun hewan yang ada merupakan donasi dari para donatur YRLA dari berbagai tempat.

Dalam pendistribusiannya, YRLA tidak menyebarkan kupon kepada masyarakat, tetapi mengantarkan langsung ke rumah-rumah warga yang berhak menerimanya (kaum dhuafa dan anak yatim di wilayah domisili yayasan), sehingga tidak terjadi penumpukan orang-orang yang mengantri untuk mendapatkan daging hewan qurban.

Alhamdulillah, pelaksanaan kegiatan pemotongan dah pendistribusian hewan qurban di Yayasan Rahmatan Lil-alamin Jakarta Timur berjalan dengan lancar semoga menjadi keberkahan terutama bagi yang berqurban dan seluruh yang terkait di dalamnya.

Dokumentasi Kegiatan Pemotongan Hewan Qurban di YRLA

Belum ada Komentar untuk Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

PENGARUH DOSA PADA REZEKI SEORANG HAMBA

T 3 August 2018 F A admin web-1

Dosa yang dilakukan oleh seseorang dapat berpengaruh terhadap rezeki yang Allah berikan kepadanya. Allah menahan rezeki orang-orang yang berbuat maksiat. Pencarian dari Google:Menghalangi rezeki orang lain (1)

Pelatihan TPQ di Cabang Bekasi -Tambelang

T 12 December 2015 F , A admin web-1

  Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur mempunyai Cabang Tambelang yang disana rutin diadakan pelatihan-pelatihan anak yatim, dan kemarin kamis 10 Desember 2015 dilakukan Pelatihan TPQ untuk anak yatim… disana kita punya halaman yang sangatttt luas untuk bisa bermain bersama dan... Selengkapnya

Ramadhan berbagi

Mempersiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

T 10 May 2017 F , A admin web-1

Sekitar kurang lebih Belasan hari lagi, insyaAlloh, kita akan memasuki bulan ramadhon, sudahkah kita mempersiapkan diri kita untuk menyambut bulan yang penuh berkah dengan maksimal? Semoga tulisan berikut bisa menjadi inspirasi untuk mempersiapkan diri kita menyambut bulan ramadhan sehingga kita... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00