Beranda » Belajar Agama Islam » Muliakan Diri Dengan Sering Memberi

Muliakan Diri Dengan Sering Memberi

T Diposting oleh pada 26 August 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 328 kali

MENGAPA TAKUT MISKIN?

Salah satu yang sangat dicemaskan manusia di dunia ini adalah takut miskin. Takut miskin ini muncul akibat rasa cinta yang berlebihan kepada dunia. Hal ini menyebabkan munculnya sifat rakus dan tamak dalam dirinya. Sifat rakus dan tamaknya tersebut mendorongnya untuk mendapatkan harta dengan berbagai cara. Tidak memandang itu halal atau tidak. Mereka yang terlalu mencintai harta ini akan merasakan cemas dan stres karena takut akan kehilangan harta tersebut.

 

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya harta itu sangat memikat. Bagi mereka yang mengambilnya dengan kemurahan hati maka ia akan diberkati. Dan bagi orang uang mengambilnya dengan rakus, ia tidak akan diberkati. Ibarat orang yang makan namun tidak kenyang-kenyang.” (HR. Abu Daud)

Sebagai umat islam seharusnya kita tidak takut miskin. Hal ini karena Allah Yang Maha Pemurah pasti memberikan rejeki kepada setiap hamba-Nya yang mau berusaha. Setiap kita hanya perlu berusaha dengan jalan halal dan tidak lupa selalu berdoa dan memohon kepada Allah.

Takut miskin merupakan pikiran negatif yang akan menjadi penghalang kita berusaha dan akan menyebabkan kita kehilangan kesempatan untuk meraih sukses. Rasa takut miskin akan melumpuhkan pikiran kita, menghilangkan rasa percaya diri kita, menghilangkan daya khayal kita, mengurangi semangat kita, serta menghilangkan ide dan inisiatif kita. Takut miskin akan membuat seseorang untuk selalu menunda-nunda pekerjaannya.

Rasa takut miskin secara tidak langsung akan menggangu konsentrasi seseorang, merusak ketekunan seseorang, serta melenyapkan ambisi seseorang. Rasa takut miskin hanya akan mengundang malapetaka dan mengganggu tidur, selera makan, serta selalu dihantui rasa takut yang berlebihan. Takut miskin akan menghilangkan kebahagian kita.

Rasa syukur atas karunia yang Allah berikan akan menjauhkan kita dari takut miskin. Selain itu kita harus menyakini tidak ada gunanya takut miskin karena semua yang di dunia ini hanya milik Allah dan pasti kembali kepada-Nya. Kita hanya perlu berusaha dan melakukan yang terbaik serta sebagai hamba-Nya jangan lupa memohon kepada-Nya.

MULIA Kita dengan MEMBERI Abadikan yang Tersisa dengan SEDEKAH TERBAIKNYA….

Belum ada Komentar untuk Muliakan Diri Dengan Sering Memberi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Muliakan Diri Dengan Sering Memberi

fungsi al qur'an

Memetik Hikmah Dari Peristiwa Nuzulul Qur’an

T 7 July 2015 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Peristiwa Nuzulul Qur’an 14 abad silam merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW yang paling agung dibanding mukjizat lain yang diterima para nabi sebelumnya. Peristiwa ini turun pada Malam lailatul Qodar , tanggal 17 Ramadhan. Saat itu Al qur’an diturunkan... Selengkapnya

maulid nabi muhammad

Maulid Nabi Budaya Islam Pembangkit Semangat Jihad

T 20 December 2016 F A admin web-1

Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: مولد النبي‎, mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau... Selengkapnya

Berqurban Sebagai Bentuk Keikhlasan dan Ketaatan Dalam Peribadatan

T 9 September 2016 F A admin web-1

Ketaatan Nabi Ibrahim AS mengajarkan kita untuk ikhlas dalam memenuhi perintah-Nya. Begitu pula saat kita mau menunaikannya, maka berqurban menjadi “Kendaraan” yang akan mengantarkan kita menuju Jannah-Nya. Bukanlah hewan qurban yang akan mengantarkan kita, melainkan ketulusan dan keikhlasan kita untuk... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00