Beranda » Belajar Agama Islam » Sedekah Yang Ikhlas Tidak Akan Membawa Kemiskinan

Sedekah Yang Ikhlas Tidak Akan Membawa Kemiskinan

T Diposting oleh pada 20 December 2015
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2024 kali

Ketika anda didatangi pengemis, anda merogoh kantong dan mencari uang kecil. Jika tidak ada uang kecil di kantong, anda memeriksa dompet. Ada uang lima ribuan, uang sepuluh ribuan, dan uang dua puluh ribuan di dalam dompet tersebut. Anda mungkin berpikir terlalu sayang memberi pengemis tersebut uang lima ribu atau sepuluh ribu. Seribu saja sudah cukup.

Anda berpikir keras untuk memberinya atau tidak. Jika anda sayang pada uang anda, maka anda mengibaskan tangan ke pengemis sebagai tanda maaf. Namun jika anda ikhlas, anda merelakan uang lima ribu (atau sepuluh ribu) tersebut untuk si pengemis. Si pengemis tentu sangat bergirang hati karena mendapat uang sedekah yang besar dari anda, dan anda pun tidak menyesali karena anda suda mengikhlaskan uang tersebut.

Bagaimana ketika anda sholat Jumat di masjid, lalu didepan anda diedarkan kotak amal untuk diisi sedekah/infaq seikhlasnya. Beberapa orang tampak tidak mengisi kotak tersebut, mereka mendorongnya ke jamaah sebelahnya. Hmmm…berbaik sangka sajalah, mungkin mereka memang tidak membawa uang sama sekali, atau mungkin karena tidak mempunyai uang kecil, atau mungkin juga karena enggan mengeluarkan infaq.

Semua sikap di atas manusiawi. Banyak orang yang merasa sayang untuk mengeluarkan sedekah kepada fakir miskin, anak yatim, badan amal, dan sebagainya. Di dalam Quran sifat orang demikian disebutkan sebagai “tangan terbelenggu”. Ketika ada yang meminta sedekah, hati mereka mengikat tangan untuk tidak memberi.

sedekah1

 

Ketahuilah, bersedekah tidak akan membuat kita jatuh miskin. Allah sudah menjanjikan untuk mengganti sedekah kita sepuluh kali lipat. Mungkin digantinya tidak sekarang, mungkin nanti suatu hari. Mungkin tidak diganti dalam bentuk uang, tetapi mungkin dalam bentuk yang lain. Jika tidak di dunia memperolehnya, mungkin nanti balasannya di akhirat. Dasarnya ada pada Al-Qur’an Surat Al-An’am ayat 160 dimana Allah menjanjikan balasan 10 kali lipat bagi mereka yang beramal sholeh (bersedekah adalah salah satu amal sholeh):

Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). QS. Al-An’am : 160

 

Semoga Bermanfaat… 😀

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Sedekah Yang Ikhlas Tidak Akan Membawa Kemiskinan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Sedekah Yang Ikhlas Tidak Akan Membawa Kemiskinan

dzakat fitrah

Keajaiban Memberi Untuk Kebaikan Sesama

T 2 October 2015 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Ketika kita memberi sesuatu kepada orang lain, maka secara pisik apa yang kita miliki akan berkurang dan menjadi bertambah pada orang lain. Namun manakala kita niatkan untuk berShodaqoh maka nilai yang kita dapatkan akan menjadi berlipat-lipat.

YRLA-JT // Juara Penampilan Tari Di TMII

T 25 February 2019 F A admin web-1

Alhamdulillah anak-anak yatim dari Sanggar Gunda Nusantara mengikuti ajang penampilan Tari di Taman Mini Indonesia Indah kemarin Minggu, 24 Februari 2019 berlangsung lancar dan sukses juga mendapatkan Juara ke-1 Alhamdulillah Ya Allah. Semua ini berkat Ayah, Bunda dan Kakak semua... Selengkapnya

Wakaf Tunai Di Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jak-Tim

T 25 March 2016 F , A admin web-1

Pengertian & Hukum Wakaf Tunai Menurut Para Ulama Sejak awal, perbincangan tentang wakaf kerap diarahkan kepada wakaf benda tidak bergerak sepert tanah, bangunan, pohon untuk diambil buahnya dan sumur untuk diambil airnya, sedang wakaf benda yang bergerak baru mengemuka belakangan.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00