Beranda » Belajar Agama Islam » Selamat Datang Bulan Ramadhan – Bulan Penuh Berkah

Selamat Datang Bulan Ramadhan – Bulan Penuh Berkah

T Diposting oleh pada 28 June 2014
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1524 kali

Marhaban Ya Syahru Romadhon – Marhaban Syahro Shiyami. Marhaban Ya Syahru Romadhon – Marhaban Syahrul Qiyami. Selamat datang bulan Romadhon – Selamat datang bulan Puasa, selamat datang bulan Romadhon – selamat datang bulan Kebangkitan.

Kedatangan bulan Romadhon sangat dinantikan oleh umat Islam, karena di bulan ini banyak nilai-nilai positif yang bisa diambil, selain memang nilai ibadah seseorang ditingkatkan nilainya oleh Allah SWT. Di seluruh penjuru dunia, dengan gegap gempita umat Islam mempersiapkan diri baik jasmani maupun rohani menyambut kehadiran bulan Romadhon.

Beberapa kejadian penting pada bulan Romadhon sepanjang sejarah mencatat, di antaranya Perang Badar dan Futuh Mekkah di zaman Rosulululloh, kemudian juga Proklamasi Kemerdekaan RI di tahun 1945. Itu semua merupakan moment keberkahan dan moment kebangkitan pada saat bulan puasa umat Islam.

Perayaan penyambutan datangnya bulan Romadhon banyak dilakukan di beberapa tempat dengan moment-moment akbar seperti karnaval (pawai keliling), saling mengunjungi sanak kerabat untuk saling bermaaf-maafan agar menjalani ibadah puasa dengan khusu’.

Keutamaan Ibadah di Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

ramadhan penuh berkah“Ibadah di Bulan Ramadhan” dikatakan dalam beberapa riwayat memiliki nilai yang berbeda dibanding melaksanakan ibadah pada bulan-bulan lainnya. Dalam Firman-Nya dikatakan, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagiamana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa”. (Al-Baqoroh:183)

Beberapa ibadah yang dikhususkan dalam bulan Ramadhan adalah sebagai berikut :

  1. Shoum / Puasa
  2. Membaca Al-Qur’an
  3. Sholat Tarawih
  4. Sholat Tahajud
  5. I’tikaf di Masjid
  6. Bersodakoh dan Membayar Zakat Fitrah

 

Kegiatan Ramadhan di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Menyambut datangnya bulan Romadhon, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang ditujukan pada pembinaan dan pemberdayaan anak-anak yatim binaan, yang tersebar di 5 wilayah binaan; di Jonggol, Kedung Halang, Rajeg, Tambelang, dan juga yang di Jakarta.

Menyemarakkan kegiatan di bulan Ramadhan di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur diselenggarakan beberapa kegiatan di antaranya :

  1. Pesantren Ramadhan, yakni kegiatan pesantren kilat yang  melibatkan seluruh anak yatim binaan yayasan
  2. Sholat Tarawih Berjama’ah,
  3. Buka Puasa Bersama Anak Yatim
  4. Sahur Bersama anak 
  5. Paket Bingkisan Lebaran Untuk Anak Yatim dan Kaum Dhuafa’, yakni pemberian hadiah kepada anak yatim/piatu dan kaum dhuafa berupa paket bingkisan lebaran dalam bentuk uang dan barang
  6. Penerimaan dan Pendistribusian Zakat/Infaq/Shodaqoh, yakni penerimaan zakat fitrah, zakat mal, zakat profesi, infaq, dan shodakoh dan pendistribusiannya kepada para mustahik (yang berhak menerima zakat)
  7. Bazar Ramadhan, yakni jualan kebutuhan di bulan puasa dan jelang Lebaran bertempat di halaman kantor yayasan selama satu bulan penuh

Jika sekirannya Bapak/Ibu berkenan untuk bisa bersinergi dengan kegiatan di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dapat datang langsung ke sekretariat kami di Jl. H. Naman no. 20 C-E, Pondok Kelapa Jakarta Timur , di nomor telepon 021-86905367.

Atau sekiranya ingin berbagi dalam bentuk dana dapat transfer ke rekening yayasan di

  • BANK BRI  KCP PANGKALAN JATI, no. rek. 0652-01-004022-50-6a/n Yayasan Rahmatan Lil-Alamin
  • BANK MANDIRI KCP JKT PONDOK BAMBU, no. rek. 006-00-0608670-0 a/n Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Semoga segala niat baik kita semua mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. dan dilancarkan segenap langkah yang kita upayakan, serta diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mewujudkannya. Aamiin.

 

 

 

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Selamat Datang Bulan Ramadhan – Bulan Penuh Berkah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Selamat Datang Bulan Ramadhan – Bulan Penuh Berkah

Makna dan Arti Ikhlas yang sebenarnya

T 10 July 2018 F A admin web-1

Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : إِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَ أَمْوَالِكُمْ وَ لَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alihi... Selengkapnya

Kunjungan Anak Yatim YRLA menjenguk Donatur yang sedang sakit

Dalil & Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

T 23 October 2017 F A admin web-1

Dari begitu banyak adab dalam Al-Qur’an dan juga as-Sunnah, ada satu adab yang mulia dan menjadi hal orang muslim yang satu dengan yang lainnya dan ini bisa menghasilkan pahala. Menjenguk orang sakit adalah hal untuk kita orang muslim yang sudah... Selengkapnya

Anjuran Menyantuni Anak Yatim Di Hari Asyura

T 30 September 2017 F A admin web-1

Saat ini banyak tersebar keyakinan di masyarakat tentang anjuran menyantuni anak yatim di hari asyura. Apakah benar demikian? Adakah dalil tentang hal ini?

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Kategori

Kreasi Cipta Yatim

Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00